BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bimbingan
adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menentukan
pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Dalam bimbingan
dibutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya, bimbingan sekolah berlaku untuk
semua siswa yang sekolah di sekolah tersebut, bukan hanya untuk siswa yang
bermasalah maupun yang merasa kesulitan belajar.
Bimbingan dan Konseling merupakan mata kuliah yang
wajib dikuasai oleh calon guru, mengingat peran guru di sekolah sebagai
pembimbing yang harus bisa mengarahkan anak didiknya dalam pembelajaran
sehingga tercapai tujuan dari pendidikan.
Sebagaimana kita ketahui bahwa anak didik di sekolah
bersifat unik, karenanya guru dituntut untuk bisa mengakomodasi seluruh
keunikan peserta didik dengan memberikan bimbingan secara individual serta
mengarahkannya kepada hal yang positif.
Tugas ini merupakan bagian dari tugas Bimbingan dan
Konseling. Dengan tugas ini diharapkan mahasiswa mengetahui dan belajar secara
langsung tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling di suatu sekolah, serta
menganalisis permasalahan dan solusinya. Observasi ini merupakan pembelajaran
bagi mahasiswa sebagai calon pendidik sebelum terjun langsung pada dunia
pendidikan yang sesungguhnya.
B.
Terjadinya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan
hakekat kemanusiaannya sebagai hamba tuhan YME, sebagai makhluk individu
dan makhluk social dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta.
|
C. Misi Bimbingan dan
Konseling Sekolah
Menunjang perkembangan diri & kemandirian siswa untuk dapat
menjalanai kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif,
dan dinamis serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karir dalam :
1.
Beriman & Bertaqwa terhadap Tuhan YME
2.
Pemahaman perkembangan diri & lingkungan
3.
Pengarahan diri ke arah dimensi spiritual
4.
Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ dan
5.
Pengaktualisasian diri secara optimal
|
D. Tujuan
1.
Tujuan Umum Sekolah
Setelah siswa
memperoleh pelayanan bk di sekolah, maka tujuan yg ingin dicapai adalah agar
peserta didik dapat :
o
Mengembangkan pemahaman diri dalam
kemajuan di sekolahnya.
o
Mengembangkan pengetahuan tentang dunia
kerja, kesempatan kerja , serta tanggung jawab dalam memilih suatu kesempatan kerja
tertentu, sesuai dengan tingkat pendidikan yang diisyaratkan.
o
Mengembangkan kemampuan untuk memilih
dan mempertemukan pengetahuan tentang dirinya dengan informasi tentang
kesempatam yang ada secara tepat dan bertanggung jawab.
o
Mewujudkan penghargaan terhadap
kepentingan dan harga diri orang lain.
o
Mandiri dan mengembangkan potensi secara
optimal yang dijabarkan dalam berbagai bentuk kompetensi yang diindikasikan
pada keefektifan siswa dalam kehidupan sehari-hari
2. Tujuan
Khusus Sekolah
o
Membantu murid-murid untuk mengembangkan
pemahaman diri sesuai dengan kecakapan , minat, pribadi, hasil belajar serta
kesempatan yang ada.
o
Membantu proses sosialisasi dan
sensivitas kepada kebutuhan orang lain.
o
Membantu murid-murid untuk mengembangakan
motif-motif intrinsik dalam belajar, sehingga tercapai kemajuan pengajaran yang
berarti dan bertujuan
o
Memberikan dorongan di dalam pengarahan
diri, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan keterlibatan diri dalam
proses pendidikan.
o
Mengembangakan nilai dan sikap secara
menyeluruh, serta perasaan sesuai dengan penerimaan diri (self acceptance)
o
Membantu di dalam memahami tingkah laku
manusia
o
Membantu murid-murid untuk memperoleh
kepuasan pribadi dan dalam penyesuaian diri secara maksimum terhadap
masyarakat.
o
Membantu murid-murid untuk hidup dalam
kehidupan yang seimbang dalam aspek fisik, mental dan sosial.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Identitas Guru BK
Dra.
Umul Hidayati atau biasa di panggi ibu ida ini adalah
guru BK paling favorit di SMPN 91 ini lahir di Ngawi 8 Oktober 1964 (51 tahun)
yang lalu beliau tinggal di daerah ciracas Jakarta Timur , Ibu ida sangat di
kagumi oleh murid-muridnya karena karakteristik dan sifatnya yang baik, ramah
dan mau terbuka kepada murid-muridnya. Beliau sudah menjadi guru bk selama 27
tahun. Sedikit cerita awalnya ibu ida tidak langsung mengajar di sekolah negeri
(SMPN 91). Awalanya menjadi guru BK di sekolah swasta kemudian tahun 1992
mendapat SK (surat keputusan) CPNS di sekolah luar biasa anak nakal. Kemudian
pada tahun 1998 mendapat SK CPNS di SMPN 91 Jakarta. Dan hingga sekarang.
Alasan ibu ida memilih
menjadi guru BK dibanding guru mata pelajaran karena beliau sejak masih kecil
sangat menyukai dan hobi membaca buku psikologi kemudian orang tuamya menginginkan
supaya beliau menjadi guru saja, maka dari itu ibu ida memutuskan untuk menjadi
guru BK saja karena berhubungan dengan psikologi dan juga sekaligus bisa
memberikan layanan untuk siswa-siswa di sekolah.
B.
Observasi
No
|
Obyek Observasi
|
ADA
|
TIDAK
|
1
|
Lokasi Sekolah
Sekolah berdekatan dengan
|
|
|
|
a. Jalan Raya
|
P
|
|
|
b. Rel Kereta Api
|
|
P
|
|
c. Terminal Bus
|
|
P
|
|
d. Stasiun Kereta Api
|
|
P
|
|
e. Pusat perbelanjaan/
pasar
|
|
P
|
|
f. Industri
|
P
|
|
|
g. Puskesmas
|
|
P
|
|
h. Kantor
|
P
|
|
|
Polisi
|
P
|
|
|
Kelurahan
|
|
P
|
|
i. Sekolah Lain
|
P
|
|
|
j. Tempat Pembuangan
Sampah
|
|
P
|
|
k. Tempat Ibadah :
|
|
|
|
Masjid
|
P
|
|
|
Gereja
|
|
P
|
|
l. Tempat pemakaman
Umum
|
|
P
|
|
m. Gardu listrik
tegangan tinggi
|
|
P
|
|
n. Lapangan olahraga
|
P
|
|
|
o. Kolam renang
|
P
|
|
|
p. Pemukiman penduduk
|
P
|
|
|
q. Sungai
|
|
P
|
2.
|
Bimbingan dan Konseling
Lab BK memiliki :
|
|
|
|
a. Lab BK
|
P
|
|
|
b. Plang Pentunjuk Lab
BK
|
P
|
|
|
c. Struktur organisasi
pelayanan BK
|
P
|
|
|
d. Ruang konsultasi siswa (konseling
individu/kelompok)
|
P
|
|
|
e. Ruang orang
tua/rapat/diskusi
|
P
|
|
|
f. Buku-buku Referensi
|
P
|
|
|
g. Majalah/Brosur atau
bahan literatur kasus
|
P
|
|
|
h. Pohon karir
|
P
|
|
|
i. Jam dinding
|
P
|
|
|
j.
Banner/Spanduk/Tulisan kata motivasi/bijak
|
P
|
|
|
k. Lemari
|
P
|
|
|
l. TV/DVD
|
|
P
|
|
m. Komputer/Laptop
|
P
|
|
|
n. Infocus
|
|
P
|
|
o. Kipas Angin/AC
|
P
|
|
|
p. Meja dan Kursi
|
P
|
|
|
q. Sapu/Alat pembersih
lantai
|
P
|
|
|
r. Alat Tulis
|
P
|
|
|
s. Lemari ES
|
|
P
|
|
t. Dispenser
|
|
P
|
|
u. Kotak Saran
|
P
|
|
|
v. Papan Pengumuman
kegiatan BK
|
P
|
|
|
w. Tertata rapih/Bersih
|
P
|
|
|
x. Jadwal Pelajaran
|
P
|
|
|
y. Kalender Pendidikan
|
P
|
|
|
z. Grafik Jumlah siswa
pertahun
|
P
|
|
|
aa. Grafik permasalahn siswa
|
P
|
|
|
bb. Tata tertib sekolah
|
P
|
|
|
cc. Pedoman tahap-tahap
pembinaan siswa
|
P
|
|
|
dd. Uraian jenis dan
bobot poin pelanggaran
|
P
|
|
|
ee. Kaca dinding
|
P
|
|
|
ff. Program tahunan
|
P
|
|
|
gg. Program semesteran
|
P
|
|
|
hh. Program bulanan
|
P
|
|
|
ii. Program mingguan
|
P
|
|
|
jj. Program harian
|
P
|
|
|
kk. Buku agenda surat
masuk dan keluar
|
P
|
|
|
ll. Arsip-srsip surat
|
P
|
|
|
mm. Buku tamu
|
P
|
|
|
nn. Pedoman wawancara
|
P
|
|
|
oo. Pedoman observasi
|
P
|
|
|
pp. Pedoman angket
|
P
|
|
|
qq. Format angket
sosiometri
|
P
|
|
|
rr. Format DCM
|
P
|
|
|
ss. Format AUM umum
|
P
|
|
|
tt. Format AUM PTSDL
|
P
|
|
|
uu. Format PSKB
|
P
|
|
|
vv. Format Self Esteem
dan Locus Of Control
|
P
|
|
|
ww. Format Tes kemampuan skolastik
|
P
|
|
|
xx. Format Tes Kemampuan
Relasi ruang
|
P
|
|
|
yy. Format
Tes kemampuan berfikir abstrak
|
P
|
|
|
zz. Format Tes
kemampuan mekanik
|
P
|
|
|
aaa. Format Tes kecepatan
dan ketelitian klerikal
|
P
|
|
|
bbb. Format Tes bakat bahasa Indonesia
|
P
|
|
|
ccc. Format Tes bakat
bahasa Asing
|
P
|
|
|
ddd. Format Tes kreativitas verbal
|
P
|
|
|
eee. Format Tes
kreativitas figural
|
P
|
|
|
fff. Format Tes
Intelegensi
|
P
|
|
|
ggg. Format Tes kepribadian
|
P
|
|
PERTANYAAN
1.
Sudah
berapa lamakah ibu menjadi guru BK ?
(Sudah
27 tahun)
·
Tahun 1988 menjadi guru BK tetapi tidak
langsung di sini (SMPN 91) awalnya guru di sekolah swasta tahun 1988-1996 SMA
dan SMEA Vini Vidi Vici di daerah kelapa dua wetan ciracas Jakarta timur.
·
Tahun 1992 dapat SK Cpns penempatannya
pada saat itu yang kosong ada disekolah luar biasa yang isinya anak-anak nakal
di tingkat SMP tahun 1992-1998. Sekolah luar biasa anak nakal ini hanya ada 1
di Jakarta. Di indonesia hanya ada 2 yaitu di solo & Jakarta.
·
Namun pada tahun 1995 mulai muncul
kegundahan mulai gak betah. Karena jadi guru bk di sekolah luar biasa anak
nakal itu tidak ada hasilnya, karena anak didik saya pada saat kelas 2 SMP
melakukan tindakan kriminal merampok perhiasan senilai 15 juta, anak itu memang
sangat nakal luar biasa banyak anak-anak bilang dapet copet dari Blok M,
Mayestik, Tanjung Priuk. Padahal pada saat itu saya punya kebanggaan “oh saya
sukses menjadi guru bk” walaupun sebenarnya menjadi guru bk itu tidak bisa
dinilai dari sisi itu saja tetap saja saya merasa bersalah.
·
Kemudian setelah itu pindah pada tahun
1995. 1998 mempunyai SK pindah disini (SMPN 91) sampai sekarang.
2.
Apakah
saat pertama kali sebagai seorang guru bk muncul rasa grogi dalam diri ibu ?
·
Pertama kali justru groginya bukan pada
saat menjadi guru bk tapi pada saat praktek pertama di SMP, kalau ada jam
kosong/semua guru mata pelajaran tidak ada saya disuruh mengajar mata pelajaran
yang kosong oleh mereka.
·
Tahun 1987 mengajar di SMP seperti guru
biasa deg-degan pasti ada, sudah sarjana pertama kali mengajar di SMA swasta
yang mempunyai tantangan cukup berat. Disitu saya belajar menjadi guru BK itu
seperti apa.
3.
Apa
yang menjadi alasan mendasar ibu memilih menjadi guru BK ? dan apakah itu
cita-cita ibu sejak kecil ?
·
Alasan saya memilih guru bk adalah
karena pertama kali tertarik dengan psikologi senang sekali membaca buku-buku
yang berbau psikologi.
·
Sebenernya lulus smp saya disuruh orang
tua daftar ke SPG (sekolah pendidikan guru) namun saya tidak berniat
melanjutkan ke SPG karena setelah lulus pasti menjadi guru SD. Akhirnya saya
masuk SMA Muhammadiyah jurusan IPA. Setelah lulus SMA saya ikut UMPTN namun
pada saat itu UMPTN diulang sampai 3 kali karena bocor pada tahun 1983, dari
3000 siswa yang mendaftar hanya lulus 160 orang saja.
·
Tahun 1986 praktek di SMP , tahun 1987
praktek disekolah luar biasa anak nakal.
4.
Menurut
ibu apakah menjadi guru bk merupakan tugas yang cukup berat , dan biasanya anak
murid mengganggap guru bk itu sebagai polisi sekolah ? apakah ibu setuju dengan
itu ?
·
Polisi sekolah pertama adalah guru
piket, kalau ada masalah atau apapun pasti yang bertanggung jawab pertama kali
adalah guru piket, kalau ada yang bilang apa-apa langsung diurus ke guru bk itu
salah. Prosedurnya itu pertama kali guru piket terlebih dahulu kemudian di
serahkan ke wali kelas sesudah itu baru ke guru bk.
5.
Masalah
apa paling berat yang pernah ditangani ibu , ada atau tidak anak yang curhat ke
ibu ?
·
Sejauh ini tidak ada masalah yang terlalu
berat asik-asik saja. Allhamdulillah ada yang curhat ke saya tapi tergantung
mereka bersedia menceritakan kepada saya atau tidak.
6.
Kalau
misalkan ada masalah pada siswa, guru mata pelajaran / wali kelas suka ikut
membantu atau tidak ?
·
Harus saling membantu , karena memang
harus ada kerja sama guru BK dengan wali kelas agar semuanya berjalan dengan
seimbang dan tidak menimbulkan kesalah pahaman. Sehingga kita bisa
menyelesaikan masalah si anak dengan cara bermusyawarah.
7.
Disekolah
ini ada atau tidak program tahunan, harian, bulanan ?
·
Pasti ada, jika tidak ada program
tersebut maka sekolah tidak akan berjalan dengan baik bahkan di sekolah ini
tersedia perpustakaan mini di ruang BK. Bukunya hasil sumbangan dari kakak
kelas 3 yang mau lulus jadi mereka seperti memberikan kenang-kenangan untuk
sekolah dan adik-adik kelasnya, judulnya pun bebas tapi setiap tahun kami
memberikan tema yang berbeda-beda.
8.
Apakah
ibu mempunyai format DCM/AUM PDSL ? jika ada bolehkah kami melihatnya ?
·
Setiap sekolah dan guru BK harus
mempunyai format DCM/AUM PDSL ini, karena kalau tidak ada maka tidak bisa
bekerja secara maksimal karena ini adalah perangkat yang penting untuk guru BK.
·
Buku harian (rahasia) siswa dibebaskan
bercerita dengan menuliskan surat itu apabila siswanya pendiam maka dia tidak
berani curhat secara langsung jadi dia bisa mengekspresikan lewat surat setelah
itu baru diberikan ke saya sebagai guru BK.
·
Setiap hari guru BK punya catatan
kemudian dikelompokan kedalam beberapa buku baik itu masalah pribadi, keluarga,
social dan itu beda jenisnya.
9.
Apa
alasan ibu memilih menjadi guru bk dibanding dengan guru bidang study yang lain
?
·
Alasannya simpel karena kalau mengajar
PKN pusing tapi kalo mengajar BK saya punya rasa puas tersendiri, karena saya
suka psikologi saja.
10. Untuk format tes kemampuan bakat
ibu mempunyai formatnya atau tidak ?
·
Untuk tes bakat/kemampuan kami mempunyai
tapi biasanya kami bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan terkait.
11. Di sekolah ini ada buku pelanggaran
atau tidak ?
·
Kalau buku pelanggaran tergantung kepala
sekolah. Kalau disini karena sudah beberapa kali berganti beberapa kepala sekolah
jadi tidak ada buku pelanggaran.
12. Bimbingan BK hanya 1 jam dikelas
menurut ibu itu cukup efektif atau tidak dalam mengatasi bimbingan siswa ?
·
Belum tentu di setiap sekolah di
berikan, tapi saya kalau masuk kelas hanya memberikan materi yang sedikit kalau
memberikan bimbingan individu atau konseling itu lebih baik ke ruang BK saja
karena harus memperlukan teknik yang lebih dari yang lain.
13. Jika masuk kelas apa saja kegiatan
yang ibu lakukan di dalam kelas ?
·
Kalau di dalam kelas saya lebih santai
tujuannya agar merefresh otak mereka setelah mengikuti pelajaran yang berat
seperti bahasa inggris, matematika. Caranya dengan memberikan game yang
mengasah konsentrasi mereka, jika mereka salah berarti belum fokus dan belum
konsentrasi.
BAB
III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Pada dasarnya bimbingan dan
konseling di smpn 91 telah berjalan sesuai denganprinsip, fungsi dan asas
bimbingan dan konseling. Perbandingan jumlah guru bk dengan jumlah siswa dirasa
masih kurang , tetapi hal tersebut bisa ditangani dengan terbentuknya kerja
sama antara guru bk, wali kelas dan guru mata pelajaran.
Dari
pengertian-pengertian yang telah disampaikan, didapatkan garis besarnya dari
bimbingan itu sendiri adalah sebagai berikut :
1. Bimbingan
merupakan upaya membantu dengan memberikan informasi sesuai dengan apa yang
dibutuhkan oleh siswa sebagai objek bimbingan.
2. Bimbingan
dilakukan dengan cara menuntun dan mengarahkan seseorang untuk dapat mengambil
keputusan yang tepat untuk dapat mengambil keputusan yang tepat untuk dapat
mengambil keputusan yang tepat untuk dapat mengambil keputusan yang tepat untuk
tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
3. Bimbingan
diberikan kepada satu orang atau lebih melalui tatap muka langsung.
Anggapan bahwa
guru bk itu merupakan polisi sekolah masih cukup kuat, hal ini dibuktikan
dengan rendahnya kesadaran pada diri siswa untuk datang langsung ke ruangan BK
untuk mendapatkan layanan BK.
·
Saran
Untuk mengatasi
masalah atau hambatan pelaksanaan BK di smp 91 hendaknya segera ditambah guru
BK lagi. Agar siswa yang ingin berkonsultasi lebih merasa aman dan asas BK
terutama kerahasian bisa terjaga. Guru BK jangan merangkap sebagai guru piket
karena guru BK dan guru piket merupakan dua hal yang berbeda dan tentunya
seorang guru BK akan kebingungan saat dihadapkan pada suatu mata pelajaran yang
bukan ahli dalam bidangnya.
RVI RISNAINI 1401015105
Tidak ada komentar:
Posting Komentar